Kemah Virtual Soedikar

dokumentasi pribadi: Pemberitahuan kegiatan kemah virtual memalui instagram

Dalam rangka melatih jiwa sosial lingkungan bagi anggota baru pramuka (siswa-siswi kelas X) dan menumbuhkan kepedulian lingkungan khususnya di masa pandemi, Dewan Ambalan Jenderal Soedirman dan R.A. Kartini SMA Negeri 6 Yogyakarta selenggarakan Kemah Soedikar Virtual Adiwiyata.

Kemah Soedikar Virtual Adiwiyata yang kemudian disingkat dengan Kesatria juga dimaksudkan untuk membangun solidaritas dan kekeluargaan antar anggota pramuka dengan tetap berwawasan lingkungan serta meningkatkan dan melatih ketrampilan kepramukaan.

Kesatria dibuka hari ini, Jumat (19/03/2021) dan akan berlangsung sampai dengan hari Minggu (21/03/2021) dengan mengusung tema “Membangun Wawasan Kepedulian Lingkungan Melalui Kegiatan Kepramukaan.”

Agenda diisi dengan tiga kegiatan utama yaitu pertama adalah Giat Umum yang terdiri dari upacara pembukaan, webinar materi 1 dan 2, apel pagi, olahraga pagi, dan upacara penutupan yang diselenggarakan secara kombinasi daring dan luring.

Kemudian kedua adalah Giat Prestasi yang terdiri atas asah terampil, jelajah virtual, rangkuman webinar materi 2, pendirian tenda dari rumah masing-masing, serta pentas seni. Dan yang ketiga Giat Bakti perawatan Tanaman Obat Keluarga dan kerja bakti juru pemantau jentik.

Sangga kerja memanfaatkan beberapa aplikasi daring dalam kegiatan ini seperti Zoom Meeting dan Google Meet, termasuk pula menggunakan Google Form, Google Maps, dan Instagram untuk penugasan-penugasan selama kegiatan.

Meskipun diselenggarakan secara virtual, sangga kerja juga menerapkan berbagai peraturan bagi seluruh peserta perkemahan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik, lancar, serta tidak mengurangi esensi sebagaimana jika diselenggarakan secara tatap muka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *